Samarinda

Tingginya Angka Perceraian, DPRD Samarinda Anggap Hal Tersebut Jadi Tanggung Jawab Bersama

Mulawarmantv.com – Saat ini diketahui bahwa angka perceraian di Kota Samarinda, termasuk sebagai angka tertinggi di Provinsi Kalimantan Timur. Disebutkan bahwa di Tahun 2023 kasus perceraian mencapai sekitar 3000 perkara.

Angka tersebut tidak hanya perkara perceraian saja, ada juga kasus lainnya, seperti perkara hibah, warisan, harta gono-gini dan lainnya.

Anggota Komisi IV DPRD Samarinda, Damayanti turut angkat bicara. Bahwa salah satu diantara penyebab perceraian tersebut adalah pernikahan dini.

Baca Juga :  BBM dan PPN Naik, Subandi: Masyarakat Harus tetap Tenang

“Salah satu penyebabnya adalah nikah di usia dini, sehingga ketahanan keluarga belum siap,” ujar  Damayanti.

Ia turut menjelaskan bahwa, penting untuk dilakukan edukasi sex untuk anak di usia dini, sehingga arah untuk menuju pernikahan dini bisa diminimalisir.

“Pentingnya juga edukasi seks, kebanyakan masih tidak tau dan setelah nikah tidak siap mental menghadapi masalah-masalah kedepannya,” ucapnya.

Baca Juga :  Komisi II DPRD Samarinda Dorong Pemerintah Lakukan Sosialisasi E-Parking

“Karena keluarga itu dibentuk atas kesiapan baik dari laki-laki maupun perempuan nya, jadi ketika ada hantaman atau masalah itu keluarga sudah siap menghadapinya,” lanjutnya.

Hingga ia menyatakan bahwa baik pemerintahan eksekutif maupun legislatif, LSM, masyarakat dan lainnya untuk bisa lebih peduli dengan memberikan edukasi kepada anak usia dini.

“Ini bukan tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi kita sama-sama, baik dari  masyarakat dan seluruh elemen bisa mendukung agar kasus perceraian ini bisa diminimalisir,” pungkasnya. (mu/vyl)

Baca Juga :  Anhar Harapkan adanya Pengawasan Parkir Kendaraan di Samarinda Demi Mencegah Kecelakaan

mulawarmantv.com

Kabar.web.id menyajikan informasi update & Terpercaya yang diambil dari berbagai macam sumber untuk menyebarluaskan informasi dengan mencantumkan sumber yang kredibel dan berpengalaman.

Artikel lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button