Samarinda

Komisi III DPRD Samarinda Survei Langsung Lokasi Pertambangan

Mulawarmantv.com- Ketua Komisi III, Angkasa Jaya Djoerani bersama rombongan melakukan kunjungan ke perusahaan tambang batu bara milik PT Tiara Bara Borneo (TBB).

Angkasa mengungkapkan bahwa saat dirinya dan rombongan melakukan kunjungan hanya terlihat sisa tumpukan batu bara, tiga unit dum truk dan satu  unit eksavator yang terparkir.

“Jadi ada lubang pit tambang, nanti ketika hujan dibiarkan dulu air tertampung di lubang pit. Setelah hujan reda, barulah air dipompa dan dilepas ke alam,” ujarnya.

Baca Juga :  Komite I DPRD Samarinda Berkunjung Lakukan Kunkerdi Kabupaten Gowa

Angkasa juga menambahkan bahwa pihaknya juga menerima keluhan salah satu warga yang mengeluhkan permasalahan banjir di wilayah pemukiman dekat lokasi tambang bisa terjadi sebanyak empat kali dalam tiga minggu saat hujan datang.

“Tolong diperhatikan warga sekitar pak, jarak rumah warga dengan tambang ini sangat dekat sekali. Yang penting diatur air dari kolam biar enggak langsung besar mengalir ke anak sungai saat hujan,” ujarnya.

Baca Juga :  DPRD Samarinda Soroti Pembebasan Lahan SKM Yang Belum Selesai 

Purnomo selaku Kepala Teknik Tambang PT TBB juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyalurkan CSRnya setiap satu bulan sekali sebesar Rp 1,5 juta.

“Belum lama ini Rp 150 juta kami salurkan untuk pembangunan pipanisasi air bersih warga. Selain itu santunan kepada kaum Duafa pertahunnya juga kami lakukan sebesar Rp300 ribu perorang dan ketika Idul Adha membagikan daging hewan qurban,” ujarnya.

Baca Juga :  DPRD Samarinda mendorong Pemerintah Kota Samarinda untuk menerapkan Perda Pada Pertamini

Purnomo memastikan bahwa PT TBB merupakan perusahaan tambang batu bara yang resmi.

“Di perusahaan ini ada ratusan pekerja terserap berikut dengan kendaraan rentalnya,” pungkasnya. (ist/jw-kk)

mulawarmantv.com

Kabar.web.id menyajikan informasi update & Terpercaya yang diambil dari berbagai macam sumber untuk menyebarluaskan informasi dengan mencantumkan sumber yang kredibel dan berpengalaman.

Artikel lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button