Samarinda

Komisi I DPRD Samarinda Soroti Penginapan Tak Berizin

Mulawarmantv.com-Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda bersama panitia khusus (pansus) DPRD Samarinda melakukan sosialisasi terkait rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pengaturan usaha penginapan hotel melati, guest house, dan kos di Kota Samarinda.

Joha Fajal selaku anggota  Komisi I DPRD Samarinda mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan asosiasi perhotelan di Kota Samarinda.

“Karena mereka mengaku bahwa agak sedikit kurang nyaman dengan penginapan seperti guest house yang sudah sangat menjamur, di mana fasilitasnya dianggap sama dengan hotel tetapi tarifnya lebih murah. Sehingga ini yang menimbulkan pemilik hotel menyampaikan ke kita,” ujarnya.

Baca Juga :  Samarinda Raih Penghargaan Adipura, DPRD Samarinda Harapkan Keseriusan Pemerintah

Joha menambahkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Samarinda guna menerapkan raperda ini.

“Kita melihat bahkan memang terlihat situasi kamarnya seperti hotel, penginapannya rasa hotel. Pemiliknya bahkan menyampaikan kepada masyarakat itu guest house, tapi fasilitasnya sudah hotel berbintang,” ujarnya.

Baca Juga :  DPRD Samarinda dan Pemerintah Kota Diharapkan Tingkatkan Sinergi Usai Hadiri Musrenbang

Joha berharap para pelaku usaha penginapan memiliki kesadaran untuk mengikuti hukum yang berlaku.

“Setiap ada usaha harus dilengkapi dengan izin, karena kalau tidak maka sudah pasti ilegal, kalau tidak ada izin tapi tetap ditarik pajak, ya pajaknya ya juga ilegal,”pungkasnya. (ist/jw-kk)

mulawarmantv.com

Kabar.web.id menyajikan informasi update & Terpercaya yang diambil dari berbagai macam sumber untuk menyebarluaskan informasi dengan mencantumkan sumber yang kredibel dan berpengalaman.

Artikel lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button