Samarinda

DPRD Samarinda Lihat Kurangnya Anggaran di Sektor Pendidikan

Mulawarmantv.com Terselenggaranya pendidikan adalah tanggung jawab bagi pemerintah setempat, terlebih dengan pendidikan sebagai penunjang kualitas Sumber Daya Manusia di daerah sehingga diperlukan adanya  alokasi sekurang-kurangnya 20 persen dari total anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) beserta anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Persen tersebut dianggap kurang oleh Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda, pasalnya sejak 10 tahun dicanangkan demikian diketahui nilai tersebut belum cukup dalam mengakomodir fasilitas serta kebutuhan dari setiap fungsi penyelenggaraan pendidikan.

“Memang amanat undang-undang telah mengisyaratkan minimal 20 persen dari APBD alokasinya untuk postur anggaran pendidikan, tapi nyatanya di lapangan besaran anggaran tersebut masih kurang,” jelasnya.

Baca Juga :  Komisi III DPRD Samarinda Menginginkan Penanggulangan Pemprov Terhadap Banjir Kiriman

Subandi menjelaskan dengan mandatory spending sebanyak 20 persen tersebut dialokasikan untuk seluruh indikator penyelenggaraan dunia pendidikan baik dari segi sarana prasarana, kesejahteraan guru/tenaga pendidik, pengelolaan proses dan isi di satuan pendidikan.

Wakil Ketua DPRD Samarinda menganggap bahwa alokasi tersebut masih belum maksimal dan belum memuaskan karena masih terdapat keterbatasan jumlah dalam penggunaannya.

Baca Juga :  DPRD Samarinda Bahas Tata Pemakaman Bersama DPRD Bulukumba

“Saya rasa kurang dalam artian ketika 20 persen itu hanya dialokasikan untuk sarana dan prasarana pendidikan mungkin cukup, tapi karena 20 persen juga include di dalamnya untuk guru, honorer, dan lain sebagainya tentu tidak cukup dalam mengakomodir seluruh kebutuhan tersebut,” ungkapnya.

Dirinya meminta agar Pemerintah Samarinda terus memastikan anggaran 20 persen tetap dipenuhi demi mengikuti amanat undang-undang. Nilai persen yang kecil dan anggaran yang minim tersebut kemudian Subandi mengharapkan adanya skala prioritas yang dilakukan oleh pemerintah dalam menunjang infrastruktur pendidikan.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Samarinda Pesimis Akibat Maraknya Anak Jalanan

“Harapan kita Pemerintah Kota Samarinda khususnya memperhatikan sarpras pendidikan di Kota Samarinda baik SD, SMP, SMA bahkan hingga perguruan tinggi,” harapnya. (mu/vyl)

mulawarmantv.com

Kabar.web.id menyajikan informasi update & Terpercaya yang diambil dari berbagai macam sumber untuk menyebarluaskan informasi dengan mencantumkan sumber yang kredibel dan berpengalaman.

Artikel lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button