Samarinda

DPRD Samarinda Imbau Masyarakat Tidak Tergiur Politik Uang

Mulawarmantv.com – Menjelang Pemilu 2024 tak menutup kemungkinan calon pemangku kepentingan menggunakan segala cara untuk mencapai kemenangan. Salah satunya adalah menggunakan Politik Uang kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hal ini kemudian menjadi perhatian dari pihak legislator, salah satunya Ketua Komisi IV DPRD Samarinda yang menyampaikan agar masyarakat tidak tergiur dengan politik. Ia juga menekankan pentingnya para politisi untuk menghindari praktik politik uang pada pemilihan umum (pemilu) untuk membangun kepercayaan publik.

Menurutnya, hingga kini isu mengenai politik uang masih kerap terjadi di lingkungan masyarakat.

Baca Juga :  Nursobah Tegaskan Larangan Anggota Parpol Menjadi LPM

“Politik uang pasti masih ada bahkan semakin tinggi karena untuk membeli kepercayaan masyarakat seperti ada isi bilik suara,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan perlunya upaya dari pemerintah dalam meningkatkan partisipasi dari masyarakat untuk ikut serta dalam pesta demokrasi tanpa memikirkan politik uang.

“Pemerintah sebagai penyelenggara pemilu, dan yang bertanggung jawab juga harus memberikan contoh yang bagus,” lanjutnya.

Baca Juga :  DPRD Samarinda menerima kunjungan kerja DPRD Cilacap

Politik uang yang dilakukan pada masa pemilu, dapat mengakibatkan tidak terselenggaranya pemilu berdasarkan kepercayaan publik terhadap calon yang terpilih.

“Tingkat kepercayaan dari masyarakat perlu ditinjau ulang, kalau kita dipercaya masyarakat tentunya bagaimana kerja-kerja dari pemerintah, mulai dari undang-undang hingga implementasinya,” tuturnya.

Hingga baginya tersebut dapat diminimalisir dengan beberapa upaya seperti melakukan sosialisasi dan regulasi kepada masyarakat.

“Menurut saya politik uang bisa kita minimalisir, karena dengan tingkat politik uang itu bisa diturunkan dengan sosialisasi dan aturan yang ada, kan ada aturan-aturan saat pemilu, yang jelas dan bisa ditaati oleh semua pihak,” ungkap Puji.

Baca Juga :  Temukan Miras, Kafe Arion Terancam Dicabut Izin oleh Komisi I DPRD Samarinda

Puji berharap agar pemilu 2024 mendatang menekankan pentingnya pemilihan yang bebas dan adil untuk mewujudkan demokrasi yang ideal.

“Politik uang bisa kita minimalisir, karena dengan tingkat politik uang itu bisa diturunkan dengan sosialisasi dan aturan yang ada, ‘kan ada aturan-aturan saat pemilu, yang jelas dan bisa ditaati oleh semua pihak,” jelasnya.

Ia mengatakan kepada para calon legislatif perlu mengambil langkah yang bijak dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat.

“Anggota calon legislatif biasanya juga harus bekerja keras bagaimana nanti sosialisasi bahkan mengambil hati masyarakat supaya bisa dipercaya kembali. Tentunya masyarakat ingin disuguhkan sesuatu yang real, bukan hanya wacana,” pungkasnya. (mu/vyl)

mulawarmantv.com

Kabar.web.id menyajikan informasi update & Terpercaya yang diambil dari berbagai macam sumber untuk menyebarluaskan informasi dengan mencantumkan sumber yang kredibel dan berpengalaman.

Artikel lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button