Samarinda

DPRD Samarinda Dorong Pemkot Tingkatkan Fasilitas Perpustakaan

Mulawarmantv.com – Rendahnya minat literasi masih menjadi perhatian dari pemerintah. Demi meminimalisir hal tersebut kemudian pemerintah berupaya untuk meningkatkan literasi dengan membenahi fasilitas perpustakaan. Hal ini mengundang tanggapan dari salah satu anggota DPRD Kota Samarinda.

Deni Hakim Anwar selaku Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda menyampaikan tanggapan positif mengenai hal tersebut. Baginya dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan fasilitas yang memadai.

Mengingat saat ini menurut data dari Perpustakaan nasional tahun 2022 Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Kota Samarinda di angka 85.83 tertinggi Kaltim.

Baca Juga :  DPRD Samarinda Cegah Beredarnya Alkohol Medis Untuk Anak di Bawah Umur

“Dengan memberikan fasilitas yang mendukung dan nyaman otomatis masyarakat akan nyaman dan buku-buku yang disediakan mesti diadakan lebih banyak lagi,” ujarnya.

Ia kemudian menyampaikan bahwa perlu dilakukan agenda bedah buku agar dapat memberikan ilmu tambahan kepada para pelajar untuk lebih memahami mengenai buku yang sedang dibaca.

“Artinya bahwa kalau kita ingin mengetahui segala sesuatu kuncinya dengan membaca. Karena kalau tidak membaca, kita tidak tahu apa-apa. Mudah-mudahan nantinya dinas terkait ini bisa lebih meningkatkan lagi untuk masalah membaca, ini” lanjutnya.

Baca Juga :  Agenda Reses di Kelurahan Tani Dapatkan Hasil Positif

Deni meneruskan bahwa gerakan literasi sekolah merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menjadikan sekolah sebagai tempat untuk membaca dan menulis agar seluruh warga sekolah memiliki minat baca yang baik.

“Dengan adanya program literasi minat baca pelajar akan membudaya sehingga jendela dunia akan lebih terbuka lagi,” pungkasnya. (mu/vyl)

mulawarmantv.com

Kabar.web.id menyajikan informasi update & Terpercaya yang diambil dari berbagai macam sumber untuk menyebarluaskan informasi dengan mencantumkan sumber yang kredibel dan berpengalaman.

Artikel lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button