SamarindaWiasta

Anggota DPRD Samarinda Minta Kembangkan Lahan Pertanian Jadi Ekowisata.

MulawarmanTV – Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Abdul Rofik mengatakan, sektor pertanian seperti tambak perikanan dan sawah dapat dimanfaatkan sebagai pariwisata ekowisata.

Menurut Rofik, luas wilayah Samarinda terutama daerah pinggiran perkotaan sangat layak buat di kelola Dinas Pariwisata untuk mengelola potensi ekowisata tersebut.

“Dispar bisa bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan pasti berjalan, harus berinovasi dan kolaborasi,” ujar Rofik, di Gedung DPRD Samarinda, Selasa (02/11/2021).

Baca Juga :  Subandi Dorong Peningkatan SDM Samarinda Menghadapi Pembangunan IKN

Setelah itu kata Rofik, sudah ada peraturan daerah yang baru disah kan tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan bisa dikelola bersama para petani. Selain meningkatkan kesejahteraan petani serta peningkatan prodiuksi pangan, namun juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

“Karena sesuai dengan kondisi daerah kita tentu berbeda dengan Bali, daerah Samarinda ini yang ada hanya sungai dan lahan pertanian. Jadi lebih baik manfaatkan peluang dan potensi yang ada seperti pertanian,” ucapnya.

Baca Juga :  Srikandi DPRD Samarinda Ikuti Acara Pendidikan Politik Khusus Perempuan 

Politikus PKS mencontohkan seperti Bandung yang memiliki pendapatan asli daerah mencapai 5 triliun bersumber dari ekowisata, memanfaatkan destinasi perkebunan, perikanan, dan pertanian.

“Kalau kota lain saja bisa, kenapa di Samarinda dengan kekayaan alamnya banyak bisa menyaingi kota lain,” ucap Rofik.

Ia menilai, keberhasilan sebuah pemerintahitu dilihat dari PAD meningkat atau tidak dari tahun ke tahun. Karena itu sangat berpengaruh jika PAD naik, tentu pembangunan pun semakin meningkat.

Baca Juga :  Komisi II DPRD Samarinda Minta Pemkot Buka Ruang Diskusi Bersama PKL

“Jika tidak naik, berarti ada yang perlu dibenahi,” jelasnya. (mmtv/itw/dik)

mulawarmantv.com

Kabar.web.id menyajikan informasi update & Terpercaya yang diambil dari berbagai macam sumber untuk menyebarluaskan informasi dengan mencantumkan sumber yang kredibel dan berpengalaman.

Artikel lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button